Telah dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PM) tentang pemanfaatan produk herbal hasil TOGA pada kelompok masyarakat umum dan kelompok wanita tani di Wilayah Padukuhan Nologaten, Caturtunggal, Depok, Sleman oleh 2 dosen Farmasi UAD yaitu Dr Nanik Sulistiyani, MSi., Apt dan Nina Salamah, MSc., Apt. Pelatihan bertujuan untuk menstimulasi masyarakat untuk memanfaatkan TOGA yang banyak tumbuh di lahan pekarangan warga menjadi produk yang bisa meningkatkan nilai ekonomis masyarakat. Kegiatan PM dilakukan dengan 2 tahap, yaitu tahap penyuluhan dan tahap pelatihan.

Materi yang diberikan pada tahap penyuluhan adalah pengenalan tanaman dan manfaatnya sebagai obat maupun mempraktekkan cara membuat salah satu produk herbal yang berupa sediaan celup herbal.

Hasil PM menunjukkan bahwa agenda penyuluhan dan pelatihan pemanfaatan produk herbal hasil TOGA sudah terlaksana dengan baik. Tingkat keberhasilan agenda penyuluhan dan pelatihan pemanfaatan produk herbal hasil TOGA lebih besar pada kelompok wanita tani dibandingkan dengan kelompok masyarakat umum.