Kuliah Tamu  (Guest Lecture)  oleh Prof. Dr Monet M.Loquias UP Manila di Fakultas Farmasi UAD tentang  Tekhnik konseling bagi calon Apoteker

Yogyakarta-Kuliah Tamu (Guest Lecture) oleh Prof. Dr Monet M.Loquias dari College of Pharmacy University of the Phillipines (UP) Manila pada hari kamis (27/04/2017) di Ruang Kuliah profesi R 207 Kampus 3 Jln Dr.Soepomo  Yogyakarta.Prof.Dr.Monet juga merupakan Dekan college of Pharmacy UP. Kuliah tamu tersebut  diawali dengan pembukaan atau welcoming speech oleh Dekan Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Dr. Dyah Aryani Perwitasari M.Si.,Ph.D Apt, dalam sambutannya beliau memperkenalkan Farmasi UAD yang terletak di pusat kota  dan senang menyambut Prof Monet untuk memberikan Kuliah tamu di mahasiswa profesi sebagai modal para mahasiswa untuk berkomunikasi yang baik nantinya setelah terjun di lapangan.

Kuliah  tamu yang diisi oleh Prof Monet ini tentang”Counceling in Pharmaceutical Care” yang disampaikan dihadapan mahasiswa  Program Studi Profesi Apoteker (PSPA)  angkatan XXXIII. Dalam penyampaian materinya beliau menekankan perlunya Mahasiswa profesi meningkatkan skill komunikasinya untuk menyiapkan diri menjadi Apoteker yang profesinonal dalam berkomunikasi nantinya setelah disumpah menjadi seorang apoteker sehingga konseling ke pasien akan sangat efektif ketika materi yang disampaikan tersbut tersampaikan maknanya. Beliau juga menekankan  persentase pentingnya komunikasi itu di verbal (7%), Vocal 38% dan Non Verbal (55%) artinya ternyata bukan hanya faktor materi saja yang terpenting tetapi lebih dari itu  ternyata  faktor non verbal paling besar pengaruhnya dalam berkomunikasi, komunikasi non verbal ini  meliputi menggunakan gerak isyarat, bahasa tubuh, ekspresi wajah dan kontak mata, simbol-simbol atau alat peraga, serta cara berbicara seperti intonasi, penekanan, kualitas suara, gaya emosi, dan gaya berbicara, Setelah kuliah tamu di profesi dilanjutkan dengan Penandatanganan MOU antara Fakultas Farmasi UAD dan College of Pharmacy (UP) Manila.(Lalu)