Kuliah Tamu Oleh Prof Michael D Katz dari  College of Pharmacy, University of  Arizona, Amerika

Yogyakarta-Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menyambut baik kedatangan Prof Michael D Katz dari University of Arizona USA Di kampus 3 UAD Sabtu 29/07/17, kedatangan beliau disambut hangat oleh para dosen farmasi UAD dan para peserta yang berasal dari Mahsaiswa Pascasarjana Farmasi klinis UAD dan para alumni, baik yang bekerja di Rumah sakit maupun di Apotek. Prof Katz adalah seorang profesor dan sekaligus praktisi di intenal medicine di Rumah Sakit milik Universitas Arizona. Saat ini beliau banyak membimbing Farmasis Residence di Universitas Arizona, banyak penghargaan yang beliau peroleh diantaranya pada tahun 2010 beliau mendapatkan university prestigious excellence international education award. Dan beliau aktif berbagi pengalaman ke negara-negara Asia termasuk Jepang, Thailand dan kali ini Indonesia. Farmasi UAD beruntung dikunjungi dan dimanfaatkan untuk berbagi ke para Dosen, Mahasiswa dan para Alumni. Di awali oleh pembukaan dan pemaparan biograpi Prof Katz oleh Moderator Dr. Nanik Sulistyani M.Si., Apt dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Prof Katz, Dalam penyampaian materinya beliau mengangkat tema “How to be successful Preceptor”. Karena tentunya menjadi seorang pembimbing praktek kerja perlu pengetahuan yang luas dan kombinasi antara teori dan praktek.Seperti ungkapan Prof Katz “Being a preceptor can be challenging, but very rewarding.  Being an effective preceptor requires Commitment, time, training and practice. receptor have a large impact on the future practice of those they tain.”.

Dan beliau mengampsize atau menekankan beberapa point bagaimana menjadi preseptor yang baik: The key points to be a preceptor:

  1.  Professionalism
  2.  Enthusiasm for teaching Knowladge Base, critical thingking, problem solving
  3.  Willingness to advise, mentor, provide feedback evaluation
  4.  Willingness to commit time necessary for precepting

Para peserta yang kebanyakan berasal dari para praktisi bersemangat mengikuti kuliah tamu dan bertanya banyak hal dalam forum diskusi tersebut, yang membuat menarik guest lecture kali ini yaitu prof Katz menyampaikan dengan cara yang menyenangkan dan juga mudah dipahami serta materi-materinya menarik untuk disimak dan real ada di lapangan kesan para peserta kuliah tamu.(Humas Farmasi UAD/Lalu Irham)