Kuala Lumpur- Magang penelitian dosen tentang halal food di INHART terselenggara atas kerjasama antara Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan dengan International Islamic University Malaysia (IIUM). Magang diikuti oleh Mustofa Ahda, M.Sc., yang mengambil tema tentang encapsulasi bovin serum albumin pada nanogelatin dan Warsi, M.Sc., Apt. tentang perbandingan ekstraksi gelatin dari tulang ikan antara metode konvensional dengan High Pressure Processing (HPP). Magang dilakukan dari tanggal 10 April hingga 9 Mei 2018. Penelitian dibimbing oleh Prof. Dr. Irwandi Jaswir (wakil dekan bidang akademik, penelitian dan publikasi INHART dan dosen IIUM) serta dua orang mahasiwanya yang sedang mengambil program doktor (Deni Subara, S.Si., M.T dan Nurlina).

Dosen Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan sedang magang penelitian tentang halal food di International Institute for Halal Research & Training (INHART)

Adanya magang penelitian ini diharapkan dapat dikembangkan di Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan. Gelatin diperoleh dari hasil hidrolisis kolagen (protein) dalam asam, basa atau secara enzimatik. Gelatin merupakan bahan yang penting sebagai bahan tambahan makanan. Gelatin, dalam industri farmasi, digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan kapsul, kapsul lunak, tablet, tablet salut dan enkapsulasi. Gelatin biasanya diperoleh dari babi (tidak halal). Ikan menjadi sumber alternatif gelatin yang halal. Hasil penelitian dari magang ini dapat dilanjutkan dan dikembangkan di Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan, sehingga diharapkan dapat memberikan solusi ke industri-industri baik industri makanan maupun farmasi tentang pemanfaatan gelatin dari sumber yang halal. (Warsi)