Yogyakarta- Rabu (14/03) Fakultas Farmasi UAD berkolaborasi dengan RS UAD mengadakan  Penyuluhan tentang Keamanan dari Pewarna Batik dan Cek Kesehatan. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan pembatik yang masuk dalam kelompok “Kampung Batik Giriloyo”. Penyuluhan tentang efek dari pewarna batik disampaikan oleh Dosen Farmasi UAD ,Mustofa Ahda, M.Sc dan Dr. Dyah Aryani Perwitasari, M.Si, Ph.D, Apt selaku Dekan Fakultas Farmasi melakukan evaluasi tentang pengetahuan pembatik terhadap pewarna batik di Giriloyo.

Dokter dan Perawat dari RS UAD sedang melakukan cek kesehatan meliputi: Cek tekanan darah, Cek Mata, Cek Saraf dan konsultasi kesehatan lainnya

Tujuan penyampaian materi tersebut terkait edukasi mengenai kesehatan pembatik dan efek samping akibat paparan bahan-bahan yang digunakan untuk membatik. Beberapa keluhan oleh para pembatik seperti gatal-gatal di kulit kaki dan tangan, nyeri kaki dan lutut, nyeri punggung dan nyeri kepala. Program pengabdian masyarakat ini merupakan bagian dari Program Hibah internal PPM UAD oleh Lembaga Pengabdian Masyarakat UAD yang juga bekerjasama dengan Pimpinan Daerah Aisyiah Bantul. Setelah kegiatan pengabdian masyarakat ini, sejumlah Alat pelindung Diri, seperti Masker, Sarung Tangan, Sepatu dan lainnya akan diserahkan kepada kelompok pembatik. (Mustofa Ahda)