Ira Aprilia Wulandari mahasiswa semester 5 Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan. pada tanggal 8 hingga 23 Agustus 2017 berkesempatan mengikuti program Summer Camp yang diadakan oleh Universitas Hungkuang, Taiwan.

Universitas Ahmad Dahlan juga mendelegasikan Anggi Nur Rachmasari mahasiswa semester 7 Prodi Sastra Inggris. Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta dari berbagai negara, diantaranya USA, Vietnam, Filipina, Thailand, Indonesia, Jepang, dan tentunya Taiwan. Kegiatan utama yang ditawarkan dalam program ini adalah Chinese Course setiap paginya dan setiap hari kelas diakhiri dengan praktikum Do It Yourself seperti, sunscreen cream, kongfu class, bubble tea, pizza, pineapple cake, calligraphy class, dan perkenalan budaya di Taiwan. Selain banyaknya pengalaman dan ilmu yang didapat, program ini memberikan kesempatan bagi peserta untuk dapat mengikuti intership selama satu semester dan juga kesempatan untuk mendapatkan scholarship Master di Universitas Hungkuang.

Opening ceremony dilaksanakan tanggal 9 Agustus 2017 di Universitas Hungkuang. Pada Opening ceremony tidak hanya diikuti oleh peserta summer program namun ada beberapa peserta yang mendapatkan intership selama satu semester di Universitas Hungkuang.

Gambar diatas menunjukkan suasana saat membuat sunscreen cream dibimbing oleh Prof. Zhang Cong Min dan beberapa mahasiswa Universitas Hungkuang.

 

Kegiatan diatas saat berlangsungnya chinese course oleh Prof. Joyce Lin. Beliau memberikan materi dengan begitu baik dan menarik sehingga tidak memunculkan rasa bosan begitu kesan Ira.

 

Selain itujuga diberi berkesempatan membuat pineapple cake dan sun cake yang merupakan makanan popular di Taiwan. Kegiatan tersebut di bimbing oleh Prof. Martin dan Prof. Zheng Dalam kegiatan tersebut membutuhkan kerjasama dan komunikasi yang baik antar anggota team.

 

Kegiatan kelas terakhir yaitu Calligraphy class yang dibimbing langsung oleh Prof. Chen Shi Xia Peserta sangat antusias untuk mengikuti kelas ini. Peserta dapat menulis sesuai yang saya inginkan dengan bantuan Prof. Chen Shi Xia. Beliau adalah tokoh terkenal di Taiwan dalam hal calligraphy.

 

Gambar diatas saat farewell party. Akhirnya kegiatan summer camp berakhir pada tanggal 23 Agustus 2017. Ira berharap untuk bisa bertemu kembali dengan peserta ataupun staf dari Universitas Hungkuang. Pengalaman tersebut akan menambah wawasan mahasiswa tentang aktivitas pembelajaran dan budaya negeri lain. (NSH).