Desty Restia Rahmawati, Mahasiswa Farmasi UAD Meraih Best Speaker di ICPPS 2019 Jepang

Yogyakarta– Tidak banyak yang tahu bahwa Jurnal penelitian yang telah terpublikasi saat ini perlu melewati perjalanan yang sangat luar biasa dan panjang. Desty Restia Rahmawati, mahasiswa Semester 6 dari Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan telah mencapai perjalanan itu. Desty mengikuti Konfrensi Internasional di Jepang pada tanggal 28 sampai 30 Maret 2019.

The 2019 4th International Conference on Pharmacy and
Pharmaceutical Science (ICPPS 2019)  diselenggarakan oleh Meiji University,
the Hong Kong Chemical, Biological & Environmental Engineering Society (HKCBEES) dan
Biology and Bioinformatics Society (BBS) di Meiji University, Tokyo, Jepang pada 28-30 Maret 2019.

Berawal dari Konferensi Nasional di Jakarta, lalu dilanjutkan ke Konferensi Internasional tersebut. Desty datang ke Jepang bersama beberapa perwakilan dari Indonesia yang mana ia satu satunya mahasiswa S1 yang berkesempatan mengikuti Konferensi Internasional tersebut, sedangkan peserta dari Indonesia yang lainnya berasal dari mahasiswa S2 dan S3 yang saat ini berprofesi sebagai dosen di beberapa Universitas di Indonesia. Hal tersebut membuat Desty merasa sangat bangga karena berada diantara orang-orang hebat . Pada ICPPS 2019 ini, peserta presentasi ilmiah yakni berasal dari akademisi negara-negara didunia seperti Pakistan, Philippines, Malaysia, China, Indonesia, Brazil, Thailand, Czech Republic, Taiwan, Hong Kong, Pilani Dubai, UAE, Japan, Korea, Iraq, Saudi Arabia, Egypt, Oman, Singapore, Vietnam, Italy, Colombia, France, USA, Australia, Belgium, UK dan masih banyak lagi. Presenter yang telah terseleksi berhak melakukan presentasi ilmiah hasil penelitiannya, dan yang lolos berjumlah lebih dari 180 peserta berasal dari rumpun kesehatan seperti Farmasi dan Kedokteran dari para akademisi berbagai negara.

Pada kesempatan tersebut, Desty membawa judul penelitian The Anti-Inflammatory Activity of Volatile Oil of Clove (Syzigium aromaticum) Ointment in Absorption Base with Addition of Oleic Acid and Propylene Glycol as Enhancer dengan Dosen Pembimbing Dr. Nining Sugihartini, M.Si., Apt.

Desty berterima  kasih kepada dosen-dosen Fakultas Farmasi yang banyak membagikan ilmunya ilmu, terutama Dr. Nining Sugihartini, M.Si., Apt. selaku dosen pembimbingnya.  “Hidup adalah pilihan, jika kamu menginginkan hidup yang biasa-biasa saja, ya hiduplah dengan hanya bersantai dan untuk mensiasati rasa malas undanglah gelisah atau kekhawatiran dalam hidup janganlah selalu sama padahal usia semakin berkurang. Semua yang kamu ambil pasti ada resikonya, jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan positif, karena ia tidak akan datang dua kali. Dan jangan berfikir bahwa orang berhasil selamanya ia terus berhasil namun pasti ia telah gagal untuk beberapa kali” pungkas Desty. (Yossy)