KULIAH TAMU Prof Alan Lau dari University Of Illinois at Chicago (UIC) Amerika Serikat

Yogyakarta-Fakultas Farmasi  Universitas Ahmad Dahlan (UAD) memperoleh kehormatan untuk menerima kuliah tamu dari professor University Of Illinois at Chicago (UIC) Amerika Serikat, Prof. Alan Lau, pada Jumat, 28 Juli 2017 di Ruang 207 Kampus 3 Jalan Dr Soepomo Yogyakarta. Kedatangan beliau langsung disambut oleh dekan Fakultas Farmasi UAD Dr. Dyah Aryani Perwitasari M.Si.,PhD.,Apt.

Dalam kuliah tamu ini bertemakan “Being an Effective Clinical Pharmacy”, beliau berkenan untuk membagikan pengetahuan dan pengalamannya di seputar topik “peluang Farmasis masa depan dan sekaligus tantangan tantangannya yang harus dihadapi.

Prof Alan Lau merupakan Direktur International Clinical pharmacy education di UIC dan memiliki riwayat pengalaman profesional dibidang farmasi klinis, beliau merupakan salah satu pioner pengembangan farmasi klinis pada pasien gagal ginjal di Amerika serikat.Buku yang beliau karang juga dipakai di seluruh dunia saat ini oleh para Apoteker yaitu Text book Pharmacoterapy, Applied Therapeutic-the clinical use of drug and basic skills in interpreting laboratory data.

Dalam paparannya, Prof Alan  menyampaikan bahwa, “Pentingnya seorang farmasis berkolaborasi dengan tenaga kesehatan lain dengan komunikasi yang baik, beliau juga menyampaikan sebaran Apoteker di Rumah Sakit di Illinois University yang sudah tersebar di semua bangsal sesuai dengan spesialisasi bidang seorang apoteker, seperti di ICU, Oncology, Pemantauan Pharmakokinetik dari warfarin, organ transplant ataupun sub spesialis seperti Heart Center, Rheumatology, Liver, Pulmonary dsb  .”selain daripada itu juga beliau menjelaskan peran Apoteker sebagai Direct Patient Care (DPC) dimana seorang Farmasis terlibat langsung memberikan kontribusi terhadap observasi pasien dengan Dokter sebagai tenaga medis, mulai dari seleksi obat sampai monitoring obat, Kolaborasi yang baik tentunya akan tercapai jika seorang Farmasis dapat berkomunikasi dengan baik dengan tenaga medis lain tutup beliau.(Humas Farmasi UAD/Lalu Irham)