Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Kunjungi Farmasi UAD

Selasa, 31 Mei 2022. Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura (UNTAN), Pontianak melakukan kunjungan kerja ke Fakultas Farmasi UAD. Dr.apt.Liza Pratiwi, M.Sc selaku penanggung jawab dari Untan menyebutkan bahwa kunjungan ini dilakukan dalam rangka sharing program pendirian dan pengembangan Apotek. Dr.apt.Liza menyebutkan bahwa alasan nya berkunjung dan silaturahim ke Fakultas Farmasi dikarenakan selain Ia merupakan salah satu alumni Farmasi UAD, baginya Farmasi UAD memiliki pengembangan intitusi yang cukup pesat dengan adanya 4 Apotek UAD.

Apt.Teti Herlina, M.Farm selaku Wakil Direktur Apotek UAD menyampaikan bahwa pengembangan keempat apotek UAD tak lepas dari kemudahan yang Allah berikan, serta dukungan dari rektorat UAD maupun Fakultas Farmasi UAD. Prof.Dr.apt.Dyah Aryani, M.Si.,PhD selaku Direktur Apotek UAD sekaligus Dekan Fakultas Farmasi pun menyampaikan bahwa adaya Apotek UAD ditujukan sebagai apotek pendidikan bagi mahasiswa baik jenjang S1, PPA (Pendidikan Profesi Apoteker) maupun S2 Farmasi. Ia menyampaikan bahwa baik fakultas maupun apotek UAD saling bersinergi baik dalam kegiatan tri dharma perguruan tinggi, penelitian, pengabdian masyarakat maupun dalam bidang pendidikan. Perseptor Apotek UAD banyak dilibatkan dalam kegiatan akademik pembelajaran di jenjang S1, guna memberikan gambaran kasus riil di lapangan terkait pelayanan swamedikasi maupun komunitas.

Apt.Fajar Nugraha, M.Sc selaku wakil ketua kegiatan kunjungan Apotek dari UNTAN pun antusias dalam kegiatan tersebut. Ia menyampaikan bahwa banyak hal yang mereka dapatkan dari silaturahim bersama Fakultas Farmasi. Ia berharap dari kunjungan tersebut dapat memberikan gambaran bagi Fakultas Kedokteran UNTAN terkait strategi pengembangan apotek pendidikan, baik dalam aspek menejerial maupun pengembangan pelayanan klinis pada pasien.(Zukhruf Saputri)