Farmasi UAD gelar Workshop Pendekatan & Karakteristik proses pembelajaran: Interaktif, Holistik, Integratif, Saintifik, Kontekstual, Tematik, Efektif, Kolaboratif, dan Berpusat pada Mahasiswa
Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (Farmasi UAD) pada hari Rabu (31/1) 2024 pukul 07. 30 WIB telah mengadakan kegiatan workshop. Workshop ini bertajuk Pendekatan & Karakteristik proses pembelajaran: Interaktif, Holistik, Integratif, Saintifik, Kontekstual, Tematik, Efektif, Kolaboratif, dan Berpusat pada Mahasiswa. Kegiatan ini dilakukan secara offline yang bertepatan di Ruang 207 kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan.
Pemateri pada Kegiatan Workshop adalah Ibu Dr. Ika Maryani, M.Pd. Pemateri tersebut berasal dari internal yakni Dosen PGSD UAD. Kegiatan workshop dihadiri sekitar 30 peserta kalangan dosen.
Workshop ini dihadiri langsung oleh Dekan Fakultas Farmasi yakni Dr. apt. Iis Wahyuningsih, M.Si, Wakil Dekan Bidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan, Akademik, dan Kemahasiswaan yakni Prof. Dr. apt. Nurkhasanah, M.Si. dan Wakil Dekan Bidang Sumber Daya Manusia, Keuangan, Kehartabendaan, dan Administrasi Umum yakni apt. Lina Widiyastuti, M.Sc, serta Ketua Program Studi Farmasi yakni apt. Lolita, M.Sc., Ph.D, sekaligus Sekretaris Program Studi Sarjana Farmasi yakni apt. Citra Ariani edityaningrum, M.Si dan dosen – dosen farmasi.
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan refreshing ilmu terkait dengan Sembilan Karakteristik kepada dosen farmasi terkait dengan pengalaman belajar yang dapat digunakan untuk pedoman pendalaman RPS. Pemateri menjelaskan secara kompleks terkait dengan definisi dan contoh konkrit yang dapat diberikan dalam pemilihan pendekatan di RPS Fakultas Farmasi. Pendekatan Sembilan Karakteristik yakni Interaktif, Holistik, Integratif, Saintifik, Konstektual, Tematik, efektif, Kolaboratif dan Berpusat pada Mahasiswa.
Satu pendekatan dapat menjadi ciri pada bagian pendekatan yang lain, artinya satu pendekatan pengalaman belajar dapat beririsan dengan pendekatan yang lain. Seperti pada pendekatan Kontekstual beririsan dengan pendekatan Holistik. Pendekatan Tematik beririsan dengan Integratif dan berprinsip Holistik. “Pembelajaran yang baik adalah menggunakan pembelajaran yang variative, mengajar itu yang tepat adalah yang mengakomodir kebutuhan mahasiswa” Kata Pemateri Workshop Pendekatan & Karakteristik proses pembelajaran dalam pemaparannya.