Hak Cipta Video Pembelajaran Komunikasi

Hak Cipta Video Pembelajaran Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) oleh Tim Dosen Farmasi UAD

      Yogyakarta – Tim Dosen dan mahasiswa Pascasarjana Farmasi minat Farmasi Klinik Universitas Ahmad Dahlan mendapatkan Sertifikat Hak Cipta dengan Nomor Sertifikat : EC00202111369 untuk Video Model Pembelajaran Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE). Tim pencipta video tersebut terdiri dari Prof. Dr. apt. Dyah Aryani Perwitasari, M.Si., Ph.D., apt. Susan Fitria Candradewi, M.Sc., apt. Andriana Sari, M.Sc., apt. Adnan, M.Sc., apt. Tetie Herlina, M.Farm. Video tersebut dibuat sebagai media pembelajaran pemberian komunikasi, informasi dan edukasi pasien di apotek bagi mahasiswa S2 Farmasi Klinik.

      Pembelajaran KIE pada mahasiswa Pascasarjana Farmasi, minat Farmasi Klinik dilaksanakan secara langsung di apotek berbasis pada pelayanan resep. Dalam video ini , mahasiswa akan berperan menjadi Apoteker yang melayani resep yang dibawa oleh pasien. Proses yang dilaksanakan dalam KIE ini adalah: 1) penyerahan resep, 2) skrining resep, 3) penyiapan obat, dan 4) penyerahan obat disertai proses KIE.

      Dalam menjalani proses ini, mahasiswa didampingi oleh preseptor apotik yang bertugas untuk mensupervisi proses pelayanan resep yang dilakukan oleh mahasiswa. Setelah proses pelayanan resep selesai, preseptor akan mereview hal yang sudah dilakukan oleh apoteker dan membahas hal-hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan selama proses pelayanan resep.

Hal-hal yang dinilai dalam proses pembelajaran ini, selain hasil review oleh preceptor adalah sebagai berikut:

  1. Perkenalan dan membuka diri (menyebutkan nama, membina sambung rasa, mempersilahkan duduk, menyebut nama pasien, membangun kepercayaan dan menunjukkan empati)
  2. Mendengarkan secara aktif
  3. Bertanya dengan pertanyaan terbuka dan mendalam
  4. Penggunaan bahas non verbal
  5. Asesmen pasien (nama pasien, umur, alamat, keluhan utama, Riwayat penyakit sekarang dan terapinya, Riwayat penyakit terdahulu dan terapinya, Riwayat penyakit keluarga, kebiasaan hidup, Riwayat alergi dan kebiasaan konsumsi jamu/suplemen kesehatan
  6. Kemampuan menyusun problem klinis dan menentukan rencana asuhan kefarmasian

      Dalam proses pembelajaran ini, mahasiswa diminta untuk praktik secara langsung dan merefleksikan pengelaman mereka dalam melaksanakan praktik, terutama dalam hal proses perbaikan KIE mahasiswa. Video ini juga bisa ditampilkan kepada mahasiswa lain, dan selanjutnya mahasiswa akan memberikan melakukan review mengenai proses KIE tersebut.

Video selengkapnya dapat disimak di channel youtube Farmasi UAD