ON MIPA-PT di TINGKAT KOPERTIS

Mahasiswa Farmasi UAD JUARA 1 ON MIPA-PT di TINGKAT KOPERTIS

Yogyakarta-Kholil Fahri (19), mahasiswa Fakultas Farmasi UAD berhasil menorehkan prestasi tingkat  kopertis di bidang Kimia. Mahasiswa yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat ini berhasil meraih juara 1 Olimpiade Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON MIPA-PT)  bidang Kimia di Yogyakarta yang diselenggarakan di Universitas Gajah Mada (UGM) pada Jumat (5/4/2019).

Olimpiade yang diselenggarakan oleh Ristekdikti memperlombakan beberapa bidang studi seperti Biologi, Matematika, Fisika dan Kimia. Diikuti oleh 20 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan 3 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berada di wilayah D.I.Yogyakarta yang kemudian hanya diambil 7 peserta dari masing-masing bidang studi.

Ketertarikan Kholil, panggilan akrabnya, dengan bidang Kimia memang sudah sejak dulu. Akan tetapi ia mengaku ini adalah pengalaman pertamanya mengikuti olimpiade di bidang Kimia, karena pada saat SMA Ia malah mengikuti olimpiade Georgrafi yang bertolakbelakang dengan jurusannya.

Untuk mengikuti lomba bergengsi itu, kata Kholil, diakui memang tidak mudah. Seleksinya dimulai tingkat fakultas, universitas yang diikuti oleh semua prodi yang bergelut dengan Kimia hingga seleksi wilayah. Saat seleksi tingkat fakultas dan universitas, Kholil mengaku hanya bermodalkan pelajaran yang ada dikelas dan praktikum-praktikum yang dilakukan. Sementara untuk tingkat provinsi dan nasional, para perwakilan universitas digembleng (dikarnatina) secara khusus selama satu bulan oleh dosen Fakultas Farmasi UAD.

Berkat prestasinya itu, Kholil menjadi satu-satunya perwakilan Universitas Ahmad Dahlan yang lolos ke ON MIPA-PT tingkat nasional. Kemudian pada tanggal 25-29 April 2019 Kholil berangkat ke Makassar tepatnya di Universitas Muslim Indonesia (UMI) dan bersaing melawan peserta dari seluruh nusantara.(ra)