PELATIHAN PEMBUATAN SEDIAAN HERBAL

PELATIHAN PEMBUATAN SEDIAAN HERBAL DI SMK N 1 PANJATAN KULON PROGO

Pada tanggal 18 Agustus 2018 telah dilakukan Program Pengabdian kepada Masyarakat di SMK N 1 Panjatan Kulon Progo oleh Tim Pengabdian Masyarakat dari Fakultas Farmasi Universitas Ahmad Dahlan. Tim tersebut terdiri dari Dr. Nining Sugihartini, M.Si., Apt; Aziz Ikhsanudin, M.Si., Apt; Widyasari Putranti, M.Si., Apt dan Zainab, M.Si., Apt. Kegiatan tersebut mengusung tema Pelatihan Pembuatan Sediaan Obat Herbal dari Tanaman Obat. Kegiatan diawali dengan bahan penyampaian tentang khasiat tanaman obat, Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik, Prosedur untuk membeli produk adar, membeli nomor PIRT dan pengemasan sediaan.

Siswa SMK yang mengikuti pelatihan merupakan perwakilan dari kelas Farmasi yang ada di SMK tersebut. Siswa terlihat senang mengikuti kegiatan khusus saat membuat sediaan herbal di Laboratorium Farmasi SMK. Salah satu tujuan kegiatan ini adalah tantangan jiwa kewirausahaan di dalam diri siswa. Pelatihan ini diharapkan akan memberikan bekal pengetahuan bagi siswa untuk memperoleh kekayaan tanaman obat tradisional yang tumbuh di lingkungan sekolah dan rumah menjadi penyediaan obat yang layak untuk dijual dan dikonsumsi. Siswa yang sudah lulus diharapkan akan mempraktekkan ketrampilan tersebut sehingga dapat membuat lapangan kerja untuk diri sendiri dan lingkungan sekitar

 

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh guru-guru SMK dan staf laboratorium diharapkan dapat menemukan salah satu kegiatan yang menghasilkan produk yang dapat dipasarkan juga oleh sekolah. Hal yang menggembirakan adalah sekolah pihak telah menindaklanjuti dengan membuat sediaan ini menggunakan ketrampilan dan fasilitas yang diperoleh dari kegiatan pengabdian tersebut. Produk hasil pembuatan pesta sekolah ini kemudian dijual saat diadakan pasar murah dalam rangka memperingati hari ulang tahun SMK. Pada saat itu hadir orang tua siswa dan warga sekitar yang diundang produk tersebut. Berdasarkan persyaratan tersebut maka Kepala Sekolah berencana membuat sediaan tersebut di hari berikutnya dan akan diadakan PIRT ke dinas terkait.

BACA JUGA: Kunjungan DPR RI