Reportase Program Studi

DOSEN FAMASI UAD LAKUKAN PEMBERDAYAAN

PENGOLAHAN EMPON-EMPON DI NGLEGI, PATUK BERSAMA MAHASISWA KKN PPM

   Tim KKN PPM UAD 2018 di Patuk melakukan gelar produk hasil program pengabdian masyarakat di Desa Nglegi, Patuk, Gunungkidul. Dosen pembimbing lapangan, Dr. Iis Wahyuningsih, MSi, Apt menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian  pelaksanaan program KKN PPM bekerjasama dengan Kemenristekdikti dengan tema PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PENGOLAHAN EMPON-EMPON MENJADI MINUMAN KESEHATAN BERBASIS ZERO`WASTE HOME INDUSTRY. Program tersebut melibatkan 27 mahasiswa dari berbagai macam  prodi yang ada di UAD. Program tersebut terkonsentrasi di 3 pedukuhan Nglagah, Padangan dan Geduro yang mempunyai potensi melimpahnya hasil empon-empon namun masyarakatnya masih terkendala keterbatasan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengolahnya. Lina Widiyastuti, MSc, Apt perwakilan dari tim dosen menambahkan, mahasiswa KKN PPM UAD di Patuk melakukan pelatihan dan pendampingan di lokasi mulai dari tanggal 30 Juli sampai 28 Agustus 2018.

Bentuk kegiatan berupa : pelatihan pembuatan serbuk instan jahe, kunyit dan temulawak, pembuatan sirup jahe, kunyit dan temulawak, pembuatan wedang serai dalam kemasan celup. Disamping itu dilakukan pula pelatihan pengolahan limbah yang berupa kulit empon-empon dan sisa perasan empon-empon menjadi pupuk organic cair. Dilakukan pula pelatihan keamanan pangan, kemasan pangan yang baik, labeling pada kemasan yang benar, penentuan harga dan pendampingan pemasaran.

Setelah kegiatan selesai mahasiswa dan warga binaan menggelar produk di balai desa Nglegi, dihadiri oleh pemerintah padukuhan, desa maupun kecamatan, beberapa dekan dari UAD, kepala pusat KKN UAD dan wakil rektor I UAD.  Dari hasil gelar produk dan rapat tindak lanjut tersebut semua pihak berkomitmen membantu perkembangan produk yang dihasilkan untuk mendapatkan No-PIRT dari Dinkes Kabupaten Gunungkidul agar pemasarannya lebih luas.